Skip to main content

Budaya Indonesia

follow us

Paseban Khas Batik Kuningan

Kuningan merupakan nama salah satu kabupaten di wilayah propinsi jawa barat, daerah ini memili motif batik yang khas, sehingga batik kuningan ini di kenal dengan nama batik Paseban Kuningan. Dari luas wilayah kabupaten kuningan, batik kuningan di produksi di daerah Cigugur. Yang membuat dan mendisain Motif-motif batik kuningan ini adalah Pangeran Djatikusumah. Dengan pendalaman seni yang tersurat dalam ukiran dan relief gedung Paseban beliau melakukan penelusuran batik Paseban yang dianggap punah. dengan motif yang besar tanpa isen-isen dengan warna gelap seperti biru tua, hitam dan merah hati menjadikan komposisi batik Paseban kuningan memiliki keunikan. Motif Ikan Dewa, Bokor, oyod mingmang dan rereng pwah aci merupakan bagian motif Paseban Kuningan yang menjadi ikon kabupaten kuningan. 
     Harga batik kuningan berkisar antara Rp. 75.000 sampai 250.000. untuk mendapatkan batik asli paseban kuningan anda bisa dating ke tempat produksinya sekaligus melihat proses produksinya di alamat di Taman Ciharendong A27 Kuningan
 
Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like: