Skip to main content

Budaya Indonesia

follow us

Ragam Budaya di Jawa yang Populer

Indonesia mempunyai banyak sekali budaya yang menjadi ciri khas, keberanekaragaman budaya indonesia  ini dipengaruhi oleh letak geografis dan etnis, mengingat etnis jawa yang paling dominan baik dari segi luas wilayahnya maupun populasinya sehingga budayanyapun sangat beraneka ragam, mulai dari rumah tempat tinggalnya yang mempunyai ciri khas (Rumah Adat), upacara adat, barang peninggala, kesenian, pakaian, makanan dan lain sebagaianya. Budaya Jawa merupakan budaya dari jawa yang di jalankan oleh orang jawa khususnya di Jawa Tengah, Jawa Timur dan DI Yogyakarta. Dilihat dari luas wilayah dan banyaknya populasi suku jawa sehingga memepengaruhi budaya yang dianutnya, dengan kata lain budaya jawa ini di bedakan denga 3 garis besar, yakni budaya jawa timur, Jawa tengah – DI Yogyakarta dan Banyumasan.
Kebudayaan jawa ini tidak hanya menampilkan nilai-nilai estetika, namun budaya ini mengedepankan nilai-nilai toleransi, keselarasan, keserasian dan keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya itu budaya jawa mengankat tinggi nilai kesederhanaan dan kesopanan. Dari sekian banyak budaya yang ada di Indonesia, budaya jawa merupkan salah satu budaya yang digemari oleh orang luar negeri. Budaya tersebut diantanya Tari-tarian, Wayang Kulit, gamelan, sastra, Batik dan Keris, bahkan gamelan jawa dimasukan dalam kurikulum pembelajaran Singapura, Selandia Baru dan Amerika Serikat. Amerika Serikat dan Eropa secara rutin mengadakan pergelaran gamelan jawa serta satu satunya sastra indonesia yang mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai memori dunia yaitu sastra jawa Negara Kretagama. Tidak hanya di pulau jawa atau di 3 propinsi di jawa saja, budaya jawa terus berkembang dan di lestarikan oleh suku jawa yang berada di luar pulau jawa. Semoga budaya Jawa tetap lestari dan dapat dinikmati oleh anak cucu di masa yang aka datang. 

Berikut beberapa budaya jawa : 
Budaya di Jawa Tengah 
Pesta Lomban Jepara 
Rumah Adat Joglo
Budya Jawa Timur
Ludruk
Rumah Adat

Informasi Hotel di Daerah Jawa Timur dan Tengan
Hotel di Malang
Hotel di Semarang
Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like: