Skip to main content

Budaya Indonesia

follow us

Budaya di Jawa Tengah – Pesta Lomban Jepara

Anda pernah mendengar sebuah pesta bernama pesta Lomban? Pesta yang ada sejak zaman dahulu ini bukan pesta sembarangan. Pada mulanya, pesta Lomban ini hanyalah pesta milik kaum nelayan yang ada di Kabupaten Jepara. Namun, kini pesta tradisional ini sudah menjadi pesta milik seluruh masyarakat Jepara. Pesta
Lomban merupakan sebuah pesat puncak acara dari Pekan Syawalan. Acara ini biasanya diadakan satu minggu setelah hari raya Idul Fitri. Oleh masyarakat Lomban, pesta ini juga sering disebut dengan Bada Lomban atau Bada Kupat. Mengapa dinamakan demikian? Jawabannya adalah karena mereka biasanya merayakan pesta ini dengan memasak kupat ataupun lepet. Makanan ini berbahan dasar beras dan tekstur nya sama seperti lontong.
Makanan ini bisa dimakan dengan makanan lain seperti opor, sambal goreng, rendang, oseng-oseng, dan sebagainya. Makanan ini dibungkus oleh-oleh daun kelapa muda yang biasa dibuat janur kinung. Rasanya hampir sama dengan nasi, hanya sedikit lengket. Lepet hampir sama dengan kupat. Namun, lepet terbuat dari beras ketan dan parutan kelapa yang diberi garam. Lepet yang berbentuk panjang dan bulat ini bisa dimakan tanpa menggunakan lauk. Itulah sebuah pesta rakyat yang selalu diadakan setiap tahun di Jepara, Jawa Tengah. Kelestarian tradisi ini harus terus dijaga agar anak cucu kita bisa menikmatinya.
Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like: