Skip to main content

Budaya Indonesia

follow us

Batik Unyu dari Indramayu

Indramayu salah satu Kabupaten yang berada di wilayah propinsi Jawa Barat, indramayu salah satu daerah yang memilki khas motif batik, batik Indramayu ini dikenal pula dengan nama batik Dermayon. Ada dua wilayah yang menjadi pusat penghasil atau produksi batik Indramayu, yaitu di kecamatan Sindang dan Kecamatan Indramayu. Dikecamatan Sindang batik indramayu diproduksi di daerah desa Pegajang, desa Babadan dan Desa Terusan sedangkan di kecamatan Indramayu terdapat di kawasan desa Paoman dan Pabean Udik. Kalau dilihat dari motif-motifnya, batik Indramayu dengan warna cerah dan dinamis, batik indramayu ini. Meskipun demikian, seiring sejarah dan perkembangannya, batik Indramayu juga dipengaruhi oleh kebudayaan Arab, Cina, dan kebudayaan Hindu Jawa. 
      Dari sekian banyak motif batik indramayu, diantaranya motif sekar niyem, iwak etong, ganggengan, banji tepak dan sawat riwog. Obar Abir, Kembang Asem 
  

Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like: