Skip to main content

Budaya Indonesia

follow us

Wangsit Mandala Siliwangi Museum Sejarah di Bandung

Apakah anda pernah mengunjungi Museum Wangsit Mandala Siliwangi? Museum ini merupakan museum senjata yang berada di kota kembang Bandung Jawa Barat. Nama Siliwangi diambil dari nama seorang pendiri kerajaan di bumi sunda, yakni Padjadjaran yang kekuasaannya tidak terbatas, konon beliau adalah seorang raja yang arif dan bijaksana serta berwibawa dalam menjalankan roda pemerintahannya. Sedangkan arti Wangsit Mandala adalah sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus melalaui benda-benda yang ditinggalkannya. Museum ini masuk dalam museum sejarah. 


Lokasi 
Museum ini terletak di Jalan Lembong no 38. Nama jalan ini diambil dari nama Letkol Lembong salah satu prajurit Siliwangi yang menjadi korban dalam peristiwa kudeta angkatan perang ratu adil. sebelumnya jalan tersebut bernama Oude Hospitaalweg

Sejarah Bangunan Museum Wangsit Mandala Siliwangi 
Bangunan yang memiliki gaya arsitektur Late Romanticism dibangun pada tahun 1910 sampai 1915 yakni pada masa kolonial Belanda sebagai tempat tinggal perwira Belanda. Namaun tempat ini diambil alih opeh pasukan Siliwangi dan digunakan sebagai markas Divisi Siliwangi (Militaire Akademi Bandung) pada tahun 1949-1950 seteleha kemerdekaan. Bangunan ini berdiri di atas tanah seluas 4.176 M2 dengan luas bangunan 1.674 m2. Pada Tanggal 23 Mei 1966 bangunan ini dijadikan sebagai Museum Wangsit Mandala Siliwangi yang diresmikan oleh panglima Divisi Siliwangi ke 8 yaitu Kolonel Ibrahim Adjie.
        Pada Tahun 1979 gedung ini dibangun / direhabilitasi kembali menjadi gedung bertingkat dua, kemudian diresmikan pada tanggal 10 Nopember 1980 oleh Pangdam Siliwangi ke 15 Mayjen Yoga Sugama dan Prasastinya ditandatangani oleh Presiden RI ke 2 (Soeharto)

Koleksi Museum
Museum Wangsit Mandala Siliwangi mengkoleksi benda-benda yang digunakan oleh pasukan Kodam Siliwangi, dari senjata primitif seperti tombak, panah, keris kujang dan bom molotov, serta berbagai senjata modern seperti Meriam, Panser Rel dan Kendaraan Lapis Baja.
Itulah sedikit Informasi seputar museum Wangsit Mandala Siliwangi, semoga membantu anda menambah sumber tentang museum

Daftar Pustaka : Vibariani, Vivi & Dwi Adjie, Miyarso. 2007. Mengenal Museum.Widya Duta Grafika; Bandung
Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like: