Skip to main content

Budaya Indonesia

follow us

Blantek Budaya dari Jawa barat

Blantek, Seni Teater dari Daerah Bogor Bogor memang terkenal akan keseniannya. Salah satu kesenian teater rakyat yang menarik adalah Blantek atau sering juga disebut sebagai topeng Blantek. Istilah Blantek memang belun diketahui pasti asalnya dari mana namun, ada yang menyebutkan bahwa Blantek merupakan akronim dari Blan dan Tek. Blan merupakan musik rebanan yang digunakan untuk mengiringi seni Blantek itu sendiri. Sedangkan kata tek berasal dari nama salah satu rebana pada alat kesenian blantek yang disebut kotek. 
     Kesenian Blantek diwali dengan penyajian lagu-lagu dzikir yang diiringi rebana dimana syairnya menggunakan bahasa Arab. Selanjutnya penyajian lahu gending jiro yang diiringi oleh musik Blantek. Selain itu ditampilkan juga lagu ketuk tilu dan kliningan bahkan pada jaman sekarang ditampilkan juga musik dangdut. Ya, saat ini kesenian POP dan Dangdut telah memberi pengaruh bagi kesenian Blantek sehingga tak jarang kesenian ini juga menampilkan lagu dangdut. Berikutnya saatnya ditampilkan tari Blantek dan ronggeng topeng dengan cerita komedi sebagai puncaknya. Cerita yang biasanya ditampilkan adalah Ngarah Barni dan Prabu Zulkarnaen. 
      Dalam kesenian Blantek ini, alat musik yang diunakan adalah rebana, Kecrek dan Goong, Kendang, rebab/Jihan, dan sebagainya. Untuk jaman sekarang biasanya ditambah dengan alat musik diatonis seperti keyboard, bass, serta gitar. Kesenian ini biasanya juga ditampilkan dalam acara hajatan.
Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like: