Skip to main content

Budaya Indonesia

follow us

Batik Bandung

Bandung adalah salah satu kota periangan yang mimiliki sejarah, Kabupaten bandung sendiri lebih dikenan dengan kota kembang yang populer disebut ibu kota propinsi, bandung sendiri wilayahnya sudah terbagi menjadi beberapa wilayah kabupaten dan kota, namun yang masih menggunakan nama bandung hanya tiga, yaitu Kota bandung (Kota Kemabang), Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat siswanya menggunakan nama daerah baru seperti Kotif Cimahi dll. Kabupaten bandug sendiri memiliki motif Batik tersendiri yang menjadi khas daerahnya. motif batik Kabupaten Bandung mempunyai kaitan yang erat dengan kerajaan Pajajaran. Konon katanya dalam naskah kuno yang berjudul "Siksa Kanda Ing Karesian, telah di kenal berbagai motif batik di Rakean Darma siksa (1175-1297). Motif-motif batik tersebut antara lain yaitu motif Kampuh Jayati, Ragen Penganten, dll. Namun sayang motif-motif tersebut telah hilang bersamaan dengan lenyapnua kerajaan Pakuan Pajajaran sekitar tahun 1579.
      Sementara itu ada juga beberapa motif yang berhasil direka ulang, yakni motif Ragen Penganten, kembang Muncang Jayanti, dan Banyak Ngantrang, yang kemudian dikenal sebagai motif batik Pakuan Pajajaran. Motif-motif inilah yang diterapkan pada batik Kabupaten Bandung.selain itu muncul juga motif baru yang diambil dari salah satu tempat olehraga yang populer, tepanya stadion Jalak Harupat yang sering digunakan sebagai home dari club-club sepak bola di Jawa Barat termasuk persib


Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like: