Skip to main content

Budaya Indonesia

follow us

Dafta Aneka Tari Tradisional dari Kalimantan - Budaya Kalimantan Barat

Setiap budaya tentu memiliki tarian tradisional, termasuk budaya di Kalimantan Barat. Ada beberapa tarian tradisional yang hingga kini masih dijaga kelestariannya. Berikut beberapa tarian tradisional yang ada di Kalimantan Barat. 
Tari Monong 

Tari ini sering juga disebut dengan tari Manang. Tari ini merupakan sebuah tari penyembuhan yang dapat menyembuhkan atau menangkal penyakit yang ada dalam tubuh si sakit. Dalam tarian ini penari bertindak seperti seorang dukun dengan menggunakan jampi-jampi.











 • Tari Pingan 
Tarian ini merupakan tarian tunggal dalam masyarakat Dayak Mualang. Tarian ini berfungsi sebagai sebuah rasa syukur atas rezeki yang sudah dilimpahkan Tuhan kepada masyarakat Dayak Mualang.





• Tari Jonggan 
Tarian ini adalah sebuah tarian pergaulan masyarakat Dayak Kanayatn. Dalam tarian ini diceritakan kebahagiaan dan suka cita masyarakat Dayak. Para undangan yang hadir dalam acara tarian ini umumnya akan diajak menari bersama. 




• Tari Kondan 

Tarian ini juga merupakan tarian pergaulan masyarakat Dayak. Namun, dalam tarian ini diiringi juga dengan musik dan pantun tradisional. Tarian ini menjadi semacam ucapan rasa kebahagiaan atas datangnya tamu ke suku mereka. 

• Tari Kinyah Uut Danum 
Tarian ini merupakan tarian perang yang khas dalam suku Dayak Uut Danum. Dalam tarian ini diperlihatkan kewaspadaan dan kelincahan pemuda Dayak dalam melawan musuhnya.

• Tari Zapin 
Tarian ini adalah sebuah tarian pergaulan yang mengungkapkan kebahagiaan. Dalam tarian ini umumnya digunakan peralatan seperti kipas dan tembung lalu dinamai sesuai dengan alat yang dibawa misalnya Zapin Kipas, Zapin Tembung, dan sebagainya. 


Informasi Lengkap Seputar Akomodasi di Kota-kota terkenal
1. Daftar Lengkap Villa di Puncak
2. Daftar Lengkap Nama, Alamat, Kontak dan Tarif Hotel di Semarang
3. Hotel di Malang
Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like: