Skip to main content

Budaya Indonesia

follow us

Budaya di Jakarta - Ondel-Ondel

Ondel - Ondel
Anda tentu tahu Ondel-Ondel? Sebuah boneka besar yang mengenakan baju tradisonal Betawi. Pertunjukan Ondel-Ondel biasanya ditampilkan dalam sebuah pesta. Ondel-Ondel ini memerankan sebagai leluhur yang akan selalu menjadi keturunannya atau anak cucunya. Ondel-Ondel ini terbuat dari bambu yang dianyam dan dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah boneka besar. Tinggi Ondel-Ondel ini biasanya 2,5 meter dengan diameter sekitar 80 cm. Boneka ini juga dibuat sedemikian rupa agar pemikul mudah membawanya. Pada bagian wajah Ondel-Ondel, terbuat dari topeng dan rambutnya terbuat dari ijuk hitam.
Wajah Ondel-Ondel ini ada yang berwarna merah, ada juga yang berwarna putih. Hal ini menunjukkan jenis kelamin dari Ondel-Ondel tersebut. Ondel-Ondel yang berwarna merah untuk laki-laki, sedangkan yang berwarna putih adalah perempuan. Sebenarnya kesenian boneka ini tidak hanya ada di Betawi saja, di daerah lain juga ada. Hanya saja, berbeda dalam penyebutannya. Di Jawa Tengah disebut dengan Barongan Buncis, di Pasundan disebut dengan Badawang, sedangkan di Bali disebut dengan Barong Landung. Kesenian ini diduga ada sejak sebelum agama Islam tersebar di Jawa. Pada awalnya, kesenian Ondel-Ondel ini merupakan sebuah penolak bala juga gangguan dari roh-roh jahat yang gentayangan. Namun, sekarang Ondel-Ondel ini dijadikan sebagai sebuah hiburan tradisional yang menarik dan masih bisa bertahan hingga sekarang.
Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like: